Rabu, 03 November 2010

Rumah sehat dengan ventilasi silang



Rumah sehat adalah rumah yang memiliki saluran pembuangan yang lancar, ventilasi dan pencahayaan yang cukup, dan bersih.

Untuk mendapatkan udara segar sekarang ini kita tidak perlu susah-susah untuk pergi ke daerah pegunungan ataupun menunggu udara pagi hari. Ya sekarang ini kita bisa menggunakan AC untuk penyejuk udara dalam ruangan. Dulu kita menggunakan kipas angin untuk mengurangi rasa panas, tapi sekarang kita dapat menguranginya dengan menggunakan AC dalam ruangan. Selain mengurangi rasa panas dalam ruangan, AC juga menghasilkan udara yang sejuk dan dapat mengurangi debu dalam ruangan tersebut. Oleh karena itu, rumah yang tinggal di kota besar seperti semarang ini mayoritas menggunakan AC untuk memperoleh udara yang sejuk dan bersih. Hal ini dilakukan karena susahnya mendapatkan udara yang bersih di kota besar, karena polusi yang semakin meningkat.

Taukah anda kita ternyata juga dapat mendapatkan udara bersih tanpa harus menggunakan AC? Seperti yang kita tau kalau penggunaan AC merupakan salah satu penyebab terjadinya Global Warming.Selain itu, penggunaan AC juga dapat menyebabkan kita terkena paru-paru basah.

Udara yang bersih adalah udara yang segar dan ngga berbau, jadi kalau udara dalam ruangan atau rumah kita sudah mulai pengab berarti udara dalam ruangan tersebut kotor. Supaya udara dalam ruangan kita bersih, ruangan tersebut harus ada sirkulasi udaranya. Yang perlu diingat adalah udara bergerak dari tekanan tinggi menuju ke tekanan yang rendah, oleh karena itu suatu ruangan sudah seharusnya memiliki tempat sirkulasi udara dan tidak semata-mata hanya udara yang masuk, tapi juga ada udara yang keluar.

Untuk memperoleh udara yang bersih dan tanpa menggunakan AC kita dapat membuat ventilasi silang. Selain ramah lingkungan karena tidak menyebabkan global warming dan menyebabkan terkena paru-paru basah, ventilasi silang ini juga dapat membuat kita hemat dalam menggunakan listrik.

Apa sih sebenernya ventilasi silang? Apa bedanya sama ventilasi biasanya?
Ventilasi silang sebenarnya sama saja dengan lubang udara maupun jendela pada umumnya, tapi yang membedakan adalah mengenai peletakannya. Menurut Arsitek dari Nataneka Architects Sukendro Sukendar, jendela yang ada dalam ruangan itu tidak cukup untuk mendapatkan udara yang sehat. Menurut beliau, untuk mendapatkan udara sehat yaitu dengan adanya ventilasi silang dalam rumah maupun ruangan.

Ventilasi silang sendiri ini sebenarnya adalah jendela atau bukaan dalam suatu ruangaan yang saling berhadapan. Ventilasi silang ini memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar dan sebaliknya, tanpa harus mengendap terlebih dahulu, di dalam ruangan. Udara yang masuk dari satu jendela, akan langsung dialirkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya, dan berganti dengan udara baru, begitu seterusnya

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran jendela atau bukaan yaitu harus seimbang dengan ukuran ruangan. Ruangan berukuran besar sudah tentu membutuhkan bukaan yang besar pula. . Dengan demikian, tanpa AC pun ruangan tetap terasa sejuk dan bukaan besar juga memasukkan banyak cahaya matahari sehingga ruangan pun menjadi sehat dan terang, tanpa perlu menyalakan lampu di siang hari. Yang perlu diingat selain itu, kita juga harus tetap menjaga kebersihan ruangan karena sangat mungkin aliran udara juga membawa debu.




-script u/ mega bahtera-  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar